Marketer di Internet tentu tidak akan menyampingkan email sebagai media untuk menyampaikan ide
brilian marketing kepada pelanggan newsletter mereka. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan email,
khususnya di bidang Internet Marketing.
brilian marketing kepada pelanggan newsletter mereka. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan email,
khususnya di bidang Internet Marketing.
- Murah
Biaya email jauh lebih murah untuk menghubungi banyak pelanggan, jika dibandingkan pilihan iklan
lainnya seperti, banner ads, iklan cetak dan telemarketing. - Respon cepat
Email memungkinkan respon yang cepat, kebanyakan kurang dari 48 jam sejak diterima, dibandingkan
dengan posting surat biasa yang dapat mencapai 6 atau 8 minggu. - Hasil terukur
Sukses kampanye pengiriman email marketing terukur menggunakan software yang didesain untuk
mencatat respon penerima, atau penjualan produk yang dikampanyekan di tujuan email marketing
tersebut. Laporan dibuat berdasarkan email yang telah dibuka pelanggan (open-ups) dan iklan yang
diklik dalam email marketing tersebut (click-throughs). Marketer dalam mengkategorikan kesuksesan
kampanye produk via email tersebut, sambil secepatnya memperbaiki strategi untuk memperkuat
tingkat respon penerima email. - Jangkauan luas
Email sudah sangat umum digunakan para pengguna Internet dan sudah merupakan aktifitas harian.
Menjangkau pembaca luas dan memperkenankan mereka untuk memberikan tanggapan secara cepat. - Meningkatkan trafik situs dan jumlah registrasi pelanggan
Email merupakan cara efektif untuk menuntuk calon pelanggan berkunjung ke situs Anda. Link situs
Anda dapat disertakan dalam email, dan akan menuntun calon customer langsung ke situs Anda.
Keuntungan banyak visitor ke situs Anda juga akan meningkatkan registrasi ke situs Anda. Anda dapat
menyampaikan informasi tentang produk Anda secara lebih personal/ tertarget - Memperkuat Brand Awareness dan membangun Customer Relationships
Secara rutin dan berkala mengirimkan email berisi pesan-pesan dan logo gambar perusahaan kepada
pelanggan dapat membuat pelanggan selalu akan teringat perusahaan dan produk Anda. Email
menciptakan komunikasi interaktif dengan pelanggan dan kualitas hubungan yang sangat baik. - Customized
Saat list email bersama dengan database pelanggan dikolaborasikan, bahkan dengan volume kampanye
yang sangat besar, pesan email dapat menyertakan data spesifik pelanggan. Integrasi database
memungkinkan sekelompok pelanggan berdasarkan kategori tertentu (misalnya berdasarkan kode post,
jenis kelamin, pendapatan perbulan) akan mudah diseleksi untuk mendapatkan email tertentu. - Irit waktu
Menurut AIM (Association for Interactive Marketing), perusahaan-perusahaan yang menggunakan email
untuk marketing produk, dibandingkan dengan kirim surat tradisional, akan menghemat 60% waktu
mereka. - Mudah diaplikasikan dengan sedikit prasyarat
Kampanye email mudah dilakukan dengan cepat dengan minimal software, hardware dan kemampuan
skill orang.