BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Cara Menghasilkan Profit Melalui Affiliate Marketing

  • Cara-cara menghasilkan keuntungan dengan affiliate marketing.
  • Dua jenis komisi dalam affiliate marketing.
  • Ketentuan pembayaran.
  • Apa itu affiliate “cookies”.

Pay-Per-Sale Affiliate Program

Lewat program ini, kita memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita.
Contoh barang atau jasa yang biasa dipasarkan dengan cara ‘pay-per-sale’ adalah penjualan e-book dan software.
Besar komisi pay-per-sale ini bervariasi. Mulai dari hanya beberapa persen saja sampai 60% bahkan juga ada yang lebih. Saya sendiri lebih suka menjual e-book atau biasa disebut sebagai ‘information product’.
Seorang affiliate marketer biasanya akan mendapatkan komisi cukup besar dari setiap penjualan e-book. Mulai dari 40% sampai dengan 75%.
Jadi, bila sebuah e-book harganya katakanlah $97, maka kita bisa mendapatkan komisi antara $38.80 sampai dengan $72.75 per sebuah e-book yang terjual.
Lumayan gede profitnya bukan ?

Recurring Affiliate Program

Dalam program recurring ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan, seperti web hosting, auto-responder.
Recurring program seperti ini sangat baik karena memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tetap yang bisa kita dapatkan setiap bulan.

Pay Per Lead Affiliate Program
Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita.
Dalam program ini, affiliate merchant yang memutuskan apakah leads yang kita bawa memenuhi kualifikasi atau tidak. Mereka biasa memutuskannya dari ‘informasi kontak prospek’ yang mereka dapatkan dari kita.
Program pay-per-lead terbaik biasanya berasal dari situs asuransi, kredit rumah dan aplikasi pinjaman.
Melalui program pay-per-lead ini, kita bisa menghasilkan keuntungan mulai dari 25 sen untuk setiap leads yang datang ke website, sampai $25 atau lebih untuk leads yang mengisi aplikasi secara lengkap.

Pay-Per-Click Affiliate Program menurut saya adalah program yang unik. Kita mendapatkan bayaran pada saat sebuah “link iklan” di situs kita, diklik oleh pengunjung kita.

Pay-Per-Click Affiliate Program

Pay-Per-Click Affiliate Program menurut saya adalah program yang unik. Kita mendapatkan bayaran pada saat sebuah “link iklan” di situs kita, diklik oleh pengunjung kita.
Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka “diklik” oleh pengunjung kita.
Yang perlu kita lakukan adalah menyisakan ruang iklan di situs kita untuk program tersebut. Dari setiap klik pada iklan tersebut, kita akan mendapatkan sedikit uang.
Program pay-per-click yang populer saat ini adalah Google’s Adsense. Dalam program ini, kita boleh menempatkan 1 sampai 3 iklan Google di setiap halaman web site kita.
Di sana, Budi akan melihat iklan berjudul “Ads By Google” yang terletak di sebelah kiri dan kanan artikel saya. Setiap kali orang mengklik iklan tersebut, saya akan menerima pembayaran.
Google Adsense merupakan salah satu program affiliate favorit saya. Budi bisa mempelajari “Google Adsense” di bulan pertama. Dalam materi tersebut, saya membeberkan strategi saya secara detil dan menunjukan kepada Budi bagaimana saya menghasilkan ribuan dollar setiap bulan dari program tersebut.

Pay-Per-Search Affiliate Program

Program pay-per-search ini hampir mirip dengan pay-per-click. Hanya saja yang berbeda adalah modelnya.
Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui “search box” khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.

Hybrid Programs
Ada banyak affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.
Contoh: Mereka biasanya menawarkan komisi 10 sen setiap kali ada orang yang HANYA mengklik banner dan kemudian komisi 15% bila terjadi penjualan.

Ada dua macam Komisi Dalam Affiliate Marketing
Ada dua jenis komisi pada affiliate marketing, yaitu:

  1. SINGLE-TIER COMMISSIONS : Komisi yang dibayarkan dalam 1 tingkat. Artinya, kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan kita sendiri. Ada juga merchant yang menawarkan macam-macam bonus kalau kita mencapai angka penjualan tertentu.
  2. 2-TIER COMMISSIONS : Komisi yang dibayarkan dalam 2 tingkat. Artinya, kita mendapatkan komisi dari penjualan kita sendiri PLUS penjualan dari affiliate yang kita bawa.
    Pembayaran
    Sebagai affiliate, kita tidak bisa memaksa affiliate merchant untuk membayarkan komisi kita kapan pun kita mau, Kita harus tahu, affiliate merchant berhak menerbitkan cek komisi kapan saja mereka menginginkannya. Karena mereka yang punya barang, jadi mereka yang ‘lebih berkuasa gitu bro!
    Oleh sebab itu, penting sekali kita membaca dan meneliti affiliate agreement yang mereka berikan. Affiliate agreement ini bisa didapat pada saat kita mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut.
    Kabar baiknya, kebanyakan affiliate merchant membayar kita dengan jadwal yang teratur dan tepat waktu. Biasanya adalah setiap bulan, bahkan per 2 minggu atau kapanpun pada sat kita telah mencapai nilai penjualan dalam jumlah tertentu (biasanya minimal pembayaran cek affiliate adalah 20$ atau 100$).

0 komentar: